Monday 29 December 2008

Pengemis di Rumah Makan

Siang itu seperti biasa aku makan di rumah makan padang, maklum saja masih bujangan jadi untuk urusan yang berhubungan dengan biasanya aku mengambil jalan praktis walau pengeluaran menjadi lebih banyak. Hari itu disaat menunggu pesanan makanan aku melihat seorang pemuda yang umurnya mungkin kurang lebih sama dengan aku. Pemuda tersebut berpakaian kaos biasa dan memakai celana pendek sambil menggandeng orang tua yang buta. Kedua orang tersebut berjalan ke arah kasir dan mengucapkan salam kemudian si kasir memberi kedua orang tersebut uang seribu rupiah. Saat itu aku hanya menggelengkan kepala dan heran. Ada perasaan marah melihat sikap orang seperti tersebut, marah melihat orang yang masih muda tapi kerjaannya membantu orang untuk meminta-minta atau mengemis. Aku berpikir apa di negeri memang susah mendapatkan pekerjaan atau memang pemudanya yang malas untuk berkerja atau mungkin pekerjaan seperti itu lebih banyak untungnya.

Esoknya seperti biasa aku makan di rumah makan yang sama, tempat itu memang menjadi langgananku untuk urusan makan siang. Saat akan masuk rumah makan aku melihat dua orang yang lagi menghitung uang seribuan, aku tidak begitu menghiraukan dan langsung duduk di meja di depan orang tersebut. Waktu aku sedang menikmati makan siangku kedua orang tersebut berjalan melangkah menuju ke arah kasir. Yang muda menggandeng yang tua persis sama seperti yang aku lihat sehari sebelumnya, namun orangnya tidak sama. Kedua orang tersebut menuju kasir dan membayar makanan yang telah disantapnya dan kemudian keluar dari rumah makan tersebut. Dari cara jalannya aku melihat sama seperti pengemis kemarin. Saat itu aku berpikir orang itu pengemis seperti yang kemarin atau apa, kalau pengemis bagaimana bisa makannya di rumah makan Padang. Untuk sekali makan satu orang saja harus mengeluarkan uang sebesar Rp 8000. Aku berpikir jika orang tersebut juga pengemis mewah juga hidupnya. Kira-kira berapa ya pendapatan 1 hari para pengemis ?



1 comment:

  1. Namanya jg perut.. Klo lapar ya makan.. sekali-sekali makan ditempat enak kan gak pa pa

    ReplyDelete

Pekanbaru MX >> Metro XCrime

Artikel

Is Your Connection

ip 

information
IdHositenger